Selasa, 04 Desember 2012

Artikel 3

Pendahuluan



Manusia dalam memenuhi kebutuhan fisik maupun batin dengan cara membeli dan menjual suatu barang yang bertujuan untuk mencapai kepuasaan dan memenuhi kebutuhannya. Tempat untuk melakukan aktifitas tersebut ialah pasar. Masyarakat dulu beranggapan bahwa melakukan aktivitas jual beli barang harus dilakukan secara langsung yaitu bertemunya individu (pembeli) dengan individu  (penjual) lain pada suatu tempat dengan melakukan tawar-menawar untuk menentukan harga suatu barang yang disebut dengan pasar tradisional.

Pada saat ini melakukan transaksi jual beli barang seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi cara melakukannya tidak harus bertemu dengan individu (pembeli) dengan individu  (penjual) lain, melainkan dengan system online. System online dilakukan dengan e-commerce yaitu membeli dan menjual barang melalui media elektronik(komputer). Dengan adanya system berbelanja online ini masyarakat dapat melakukan transaksi dengan mudah yaitu mayarakat tidak perlu bertemu dengan individu lain untuk membeli atau menjual barang dan tidak perlu adanya perdebatan antara pembeli dan penjual dalam menentukan harga suatu barang, karena harga yang ditetapkan friendly price. Selain itu online shop juga memberikan keuntungan lain yaitu pembeli tidak perlu mendatangi pasar yang lokasinya jauh dari rumah dan waktu yang digunakan tidak sia-sia. Online shop merupakan system Pasar Modern.





Beberapa tahun yang lalu belanja melalu internet atau belanja online atau istilah kerennya Online Shoping mungkin masih merupakan hal tabu bagi mayrakat Indonesia. Karena fasilitas untuk online masih belum secanggih dan selengkap sekarang, selain itu masih menganut asas pasar tradisional dimana saat membeli harus ada barangnya.
Namun sekarang online shopping sepertinya sudah menjadi sebuah trend khususnya di kalangan anak muda yang memang selalu ingin mendapatkan barang-barang ter-update yang tidak ada di negaranya. Hal ini karena banyaknya manfaat yang didapat dari online shopping yaitu lebih mudah, praktis, informasi yang diberikan lebih detail dan juga harga yang cenderung lebih murah dari harga di pasaran. Online shopping juga sangat membantu khususnya untuk orang-orang yang sangat sibuk dan tidak sempat pergi untuk berbelanja karena bisa menghemat waktu dan tenaga.
Di negara-negara maju online shopping sudah menjadi kebiasaan semua orang, bahkan lebih diandalkan daripada berbelanja konvensional di pasar atau supermarket. Dapat dikatakan juga bahwa tingkat pelaku online shopping juga menunjukkan seberapa maju rakyat di negara tersebut.
Walaupun begitu online shopping juga memiliki banyak kekurangan yang patut diwaspadai oleh para penggunanya. Misalnya saja maraknya penipuan yang terjadi apalagi ketika Anda memberitahukan nomor telepon atau nomor rekening Anda, ketidaksesuaian informasi yang dicantumkan dengan barang yang asli, keterlambatan atau kesalahan dalam pengiriman.
Kegiatan online shopping sendiri juga bisa menambah sifat konsumtif masyarakat. Karena tawaran -tawaran yang menarik ditambah dengan cara pembelian yang sangat mudah maka tidak jarang orang-orang begitu cepat memesan suatu barang bahkan yang mungkin tidak diperlukannya. Belum lagi jika Anda membeli barang itu hanya karena banyak orang lain yang membelinya atau bisa dibilang mengikuti trend semata.
Agar Anda dapat ber-online shopping dengan aman dan nyaman maka Anda perlu mencari informasi tentang online shop itu sebanyak-banyaknya. Bisa dari teman-teman Anda, artikel-artikel atau dari komentar para pembelinya di situs online shop tersebut. Hal itu dapat menghindarkan Anda dari kerugian-kerugian yang mungkin sudah terjadi pada pembeli online shop itu.
Selain itu berbelanjalah di online shop yang memang sudah terkenal namanya. Semakin terkenal suatu online shop maka kemungkinan besar mereka akan lebih menjaga para pelanggannya dengan baik untuk menjaga nama baik mereka.

Artikel 2

Pendahuluan


Pada zaman dulu saat zaman neolitikum sudah mulai mengenal kayu yang terbuat dari pohon. Pada saat itu kayu hanya digunakan sebagai kayu bakar yang dibakar untuk membuat olahan masakan hanya untuk kepentingan individu . Dengan adanya perkembangan zaman, kayu digunakan dengan berbagai fungsi yang bersifat umum yaitu untuk peralatan sekolah, peralatan rumah tangga contohnya di sekolah bangku, meja untuk melakukan aktivitas di sekolah dan lemari sekolah yang digunakan untuk memajang piala penghargaan, di rumah ada meja makan ,lemari pakaian untuk aktivitas di rumah. Dari penjelasaan diatas kayu-kayu tersebut memiliki banyak fungsi atau multifungsi, jadi disimpulkan untuk melakukan kegiatan bisnis Furniture.

Trend teknologi furniture senantiasa selalu mengikuti trend pasar dan teknologi permesinan. Di Indonesia walaupun perkembangannya tidak seagresif dunia usaha lainnya, yang relatif lebih cepat pergeserannya. Hal ini disebabkan selain terlalu besar lingkungannya, juga karena dimensi barang serta energi yang harus dikeluarkan, dan biayanya pun tidaklah kecil. Sekuat apapun kemampuan finansial seseorang, jarang ada yang rela untuk tiada henti berbenah-benah dan bongkar pasang interior rumahnya secara terus-menerus.
Materi utama untuk furniture yang akan menjadi trend pada tahun ini dan yang akan datang, masih tetap didominasi oleh materi kayu, dimana unsur serat alaminya nyata terlihat dan ditampilkan dalam bentuk furniture dengan garis desain simpel namunsophisticated.
Kehadirannya juga diperkaya dengan materi metal, seperti stainless steel dan alumunium alloy sebagai penunjang (misal dalam bentuk handel atau kaki meja). Unsur kaca (polos maupun sand blasted) turut meramaikannya.
Trend furniture pada tahun ini dan yang akan datang diperkirakan, tidak banyak berubah dibandingkan tahun lalu, yaitu masih menggemari desain era tahun 50 dan 60 -an. Trend tersebut masih disertai dengan beberapa polesan serta penyempurnaan bentuk disana-sini, termasuk juga proses pengerjaan dan permesinannya, misalnya tehnik finishingyang kini sudah lebih baik dan variatif dibandingkan dengan era 50 dan 60-an.
Contoh desain furniture yang banyak digemari adalah meja tamu yang dirancang detail yang pernah menjadi trend pada era tahun 50 dan 60-an. Yakni dibeberapa bagian sisinya meja dibuat ukiran berbentuk garis yang timbul.
Sementara itu mengenai trend warna finishing menurut para produsen furniture masih menggemari furniture dominan berwana ke coklat-coklatan dengan menampilkan corak atau karakter alami kayu.
Sedangkan upholstery (kain pelapis furniture) yang diperkirakan akan menjadi tren pada tahun mendatang adalah cenderung tebal dan bertekstur bulu (menyerupai velvet) dengan motif polos, bergaris, kotak-kotak, maupun bintik-bintik geometris kecil yang teratur.
Sedangkan trend permesinan industri – industri furniture skala besar dan menengah sudah mulai menggunakan mesin-mesin berteknologi maju, seperti mesin panel saw, mesin radial arm saw, mesin potong memanjang (Altendof), mesin router, hand bor, mesin horizontal bor, mesin vertical bor, multi bor, soft forming, mesin edging dan peralatannya lainnya. Mesin – mesin furniture tersebut sebagian besar impor dari Eropah (Italia, dan Jerman) dan Cina.
sumber: http://binaukm.com/2010/09/trend-industri-furniture-indonesia/


Artikel 1

Pendahuluan
Seiring dengan perkembangan zaman bisnis waralaba atau yang sering disebut dengan francise sedang menjadi trend saat ini. Bisnis waralaba atau francise diperkirakan akan terus meningkat di Indonesia , alasannya pola pengembangan usahanya yang lebih mudah. Pemilik usaha dapat mempercepat pertumbuhan outletnya dengan tidak perlu menunggu terkumpulnya modal karena sang franchising atau investor yang akan memberikan modal. Dengan pola tersebut maka jaringan dapat dengan cepat meluas. Bagi pelaku usaha bisnis francise tidak memiliki resiko rugi yang tinggi. Contoh bisnis waralaba yang akan dibahas saat ini adalah  bisnis waralaba es teller 77

BISNIS FRANCHISE ES TELER 77

Siapa yang tak kenal dengan produk es teller 77, ratusan gerainya sudah tersebar di seluruh nusantara. Tidak puas dengan mempertahankan pasar dalam  negeri, kini produk es teller 77 merupakan salah satubisnis franchise makanan yang berhasil merambah pasar internasional. Produknya sudah menjangkau pasar luar negeri seperti Malaysia, Singapura, Australia, serta masih akan terus dikembangkan untuk membuka gerai berikutnya di India, Jeddah dan Arab Saudi.
Terinspirasi dari sang mertua (Ibu Murniati Widjaja) yang menang lomba membuat es teler, Sukyatno yang dulunya bernama Hoo Tjioe Kiat mencoba menjual es teler di emperan toko dengan menggunakan tenda – tenda. Usaha yang dimulainya pada tanggal 7 Juli 1982 ini, ternyata bukan peluang bisnisyang pertama kali Ia coba. Berbagai peluang bisnis seperti  menjadi salesman, tengkulak jual beli tanah, makelar pengurusan SIM, menjadi pemborong bangunan, sampai mencoba bisnis salon pernah Ia geluti dan semuanya gagal ditengah jalan.
Tak ingin mengulangi kegagalan bisnis seperti sebelumnya, Sukyatno mulai menekuni bisnis es telernya yang diberi nama es teler 77. Angka 77 digunakan sebagai merek es telernya, karena angka tersebut mudah diingat dan diharapkan menjadi angka hoki bagi pemilik bisnis ini. Keyakinan Sukyatno pun tepat, merek es teler 77 mulai dikenal masyarakat dan menjadi salah satu produk unggulan dari dulu sampai sekarang.
Dari sebuah warung tenda yang dulunya berada di emperan toko, Sukyatno berinisiatif untuk mengembangkannya menjadi bisnis waralaba. Setelah 5 tahun mempertahankan bisnisnya, tepat pada tahun 1987 untuk pertama kalinya dibuka gerai es teler 77 di Solo dengan sistem franchise. Semenjak itu perkembangan bisnisnya pun sangat pesat, dengan keuletan dan kerja keras yang dimiliki Sukyatno kini es teller 77 telah memiliki lebih dari 180 gerai yang tersebar di berbagai pusat perbelanjaan dan pertokoan yang ada di Indonesia bahkan hingga mancanegara.

Kunci sukses es teller 77
Bersamaan dengan perkembangan bisnisnya, pada tahun 2007 Sukyatno kembali ke hadapan Yang Maha Esa. Kesederhanaan dan kerjakerasnya dalam mengembangkan usaha, kini dilanjutkan oleh salah satu anaknya yaitu Andrew Nugroho selaku direktur PT. Top Food Indonesia. Berkat komitmen para pengelola bisnis ini, sekalipun menghadapi persaingan dagang yang cukup ketat dengan bisnis franchise makanan asing maupun franchise lokal yang saat ini banyak bermunculan. Es teller 77 terus berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi para konsumennya. Ini dibuktikan dengan adanya inovasi baru dari es teler 77 yang mengenalkan menu makanan terbarunya antara lain gado – gado, rujak buah, mie kangkung, dan nasi goreng buntut. Andrew sengaja mempertahankan menu tradisional yang tidak asing bagi lidah orang Indonesia, agar masyarakat yang masuk pertokoan masih bisa menemukan menu tradisional yang mereka gemari.
Disamping itu untuk meningkatkan loyalitas konsumen terhadap es teler 77, Andrew juga memberikan fasilitas kartu member bagi para pelanggannya. Dengan kartu klub juara yang diluncurkannya, pelanggan berhak memperoleh diskon makanan dan minuman yang ada di seluruh gerai es teler 77.
Atas kerjakeras dan perjuangan keluarga Sukyatno dalam mengembangkan bisnisnya, berbagai penghargaan pun pernah diterimanya. Kesuksesan es teller 77 dalam mengembangkan bisnis franchisenya, menjadi motivasi besar bagi semua orang. Semoga kisah profil pengusaha sukses es teler 77, dapat menjadi inspirasi bagi calon pengusaha maupun para pengusaha yang sedang merintis bisnisnya.
sumber: http://archipeddy.com/309outward/es_teler dan http://www.indonesiaindonesia.com/imagehosting/images/10576/1_Es_Teler_01