1.Jenis - Jenis pasar.
- Pasar konsumen : sekelompok pembeli yang membeli barang untuk di konsumsi, bukan di jual atau diproses lebih lanjut. contoh pasar swalayan spt hypermart,ramayana, super indo.
- pasar industri : pasar yang terdiri individu dan lembaga atau organisasi yang membeli barang untuk dipakai lagi baik langsung maupun tidak langsung, dalam memproduksi barang lain kemudian di jual contohnya pasar produksi spt, pasar industri sepatu, furniture, otomotif.
- Pasar penjual : individu dan organisasi yang membeli barang untuk dijual lagi atau disewakan untuk mendapatkan laba. contoh pasar grosir, pasar induk, pasar rumput
- Pasar pemerintah : pasar dimana terdapat lembaga pemerintahan seperti : departement, direktorat, kantor dinas dan instansi lain
3. Tujuan Sistem Pemasaran
1. Memaksimumkan Konsumsi
pekerjaan pemasaran adalah
memudahkan dan merangsang konsumsi maksimun, akhirnya menciptakan
produksi, kesempatan kerja, dan kemakmuran maksimun.
2. Memaksimumkan kepuasan
konsumsi
Tujuan sistem antara lain
adalah memaksimumkan kepuasan konsumen, bukan konsumsi tapi mengukur
kepuasan konsumen tidak mudah, belum adanya tolak ukur kepuasan dari
produk pada individu, kepuasan produk atau jasa yang baik di imbangi
oleh kejelekkan dan pencemaran lingkungan, kepuasan yang di terima
seseorang tergantung dari sedikitnya orang lain memiliki barang
tersebut.
3. Memaksimumkan mutu hidup
Termasuk didalamnya kualitas,
kuantitas, ketersediaan, dan harga pokok barang : mutu lingkungan
fisik ; dan mutu lingkungan kultur.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar